Berciuman Ternyata Punya Manfaat yang Sama dengan Menyikat Gigi

Ilustrasi siluet ciuman (Foto: Istockphoto)

NOTULA.Net – Salah satu aktivitas untuk menunjukkan prasaan sayang kepada pasangan adalah dengan berciuman. Tapi siapa sangka ternyata ciuman juga punya manfaat bagi kesehatan.

Khaled Kasem, Kepala Ortodontis di Impress Orthodontics, mengungkapkan bahwa aktivitas berciuman mempunyai manfaat sama dengan menyikat gigi.

Sebab, ciuman dapat meningkatkan produksi air liur serta membersihkan rongga mulut dari bakteri jahat dan asam memicu terjadinya pembusukan.

Oleh karena itu dokter Khaled menyarankan agar setiap pasangan melakukan ciuman selama empat menit setiap hari setelah menyikat gigit.

“Berciuman dapat menghasilkan lebih banyak air liur dalam mulut Anda, dan  Air liur tersebut akan menetralkan asam di gigi Anda yang dapat membantu menurunkan risiko kerusakan gigi,” kata Khaled, seperti dilansir The Sun.

Selain itu kata Khaled, berciuman juga dapat membersihkan kuman pada gigi, ini bermanfaat mengurangi karang membandel di gigi.

“Berciumanlah kalau ingin nafas Anda  menjadi segar dan gigi menjadi sehat,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, berciuman setiap hari juga akan mengurangi risiko terjadinya infeksi pada mulut, sebab bakteri dari air liur pasangan mampu meningkatkan sistem kekebalan.

Manfaat lainnya dari berciuman juga mampu menghilangkan stres, dan membuat pasangan terlihat lebih muda, karena ciuman akan  melatih otot-otot pada wajah.

“Satu-satunya dampak negatif berciuman yaitu ketika orang sakit, pilek atau mulut dalam kondisi tidak bersih. Maka jika tidak berciuman, truslah menyikat gigit,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *