Berita  

Cara Menggunakan Tespek yang Benar Agar Hasilnya Akurat

ILustasi Tespek (Foto: net)

NOTULA.Net – Menggunakan test pack atau tespek dengan cara yang benar dan waktu yang tepat akan membuat hasilnya menjadi akurat, dan sebaliknya, jika digunakan dengan cara yang salah, hasilnya tidak akan akurat.

Bagi kamu calon ibu, jangan menganggap mudah, meski terlihat sangat sederhana, tapi kamu wajib tahu cara menggunakan tespek  yang benar agak hasilnya juga akan akurat.

Untuk kamu ketahui, tespek bekerja dangan cara mendeteksi hormon HCG (human chorionic gonadotropin) yang ada di dalam air kencing atau urine.

Hormon tersebut hanya ada ketika seseorang sudah positif hamil atau sel telur sudah dibuahi dan menempel pada dinding Rahim. Semakin tingginya usia kehamilan maka kandungan hormon hCG juga akan semakin banyak.

Biasanya keakuratan tespek bisa mencapai 99%, namun hal sebaliknya bisa saja terjadi jika digunakan pada waktu tidak tepat dan cara yang salah.

Baca juga: Ini Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Perut Buncit

Nah, bagi calon ibu yang ingin mendapatkan hasil akurat saat menggunakan tespek, maka perlu diperhatikan Langkah-langkah berikut ini yang dirangkum notula.net dari berbagai sumber.

Cara Memilih tespek

Untuk mendapatkan hasil maksimal dan akurat kamu juga harus pandai memilih test pack yang benar, berikut beberap langkahnya:

  1. Kamu wajib memastikan tangal kadaluarsa tespek yang akan kamu beli, sebab tespek kadaluarsa dapat dapat memengaruhi keakuratan hasilnya.
  2. Kamu perlu berkonsultasi dengan apoteker, menanyakan tespek merek apa yang membutuhkan kadar hCG lebih sedikit. Sebab Sebagian perempuan tidak memproduksi hCG dalam kadar tinggi.

Kamu bisa mencoba tiga jenis tespek ini, yang sering digunakan para calon ibu untuk mendeteksi kehamilan, yaitu:

  1. tespek strip, adalah tespek berbentuk strip plastik, cara menggunkanya tespek strip dicelupkan dalam wadah yang berisi urine atau air kencing.
  2. Pregnancy cassette test, tespek jenis ini berupa stick, cara pakainya adalah dengan meneteskan air kencing pada penampungan yang ada pada tespek.
  3. Tespek digital, jenis ini lebih modern sesuai namanya, namun cara kerjanya mirip dengan test pack strip, yang membedakannya, hasil tes hamil dengan tespek akan muncul pada layer digital.

Memilih Waktu yang Tepat Menggunakan Tespek

Memilih waktu yang tepat juga akan berpengaruh kepada hasil. Jika kamu terlalu cepai menggunakannya, beberpa hari setelah berhubungan badan, kemungkinan hasilnya akan negatif, sebab hormon hCG yang dihasilkan masih sangat rendah.

Baca juga: Berciuman Ternyata Punya Manfaat yang Sama dengan Menyikat Gigi

Untuk itu, kamu bisa menggunakan tespek pada hari pertama terlambat menstruasi, atau sekitar dua minggu setelah berhubungan badan dengan suami. Jika kamu ingin mendapatkan hasil akurat, kamu harus menunggu sampai terlambat 1 hingga 2 minggu.

Perlu diingat juga, usahkan menggunakan pada pagi hari saat baru bangun tidur, sebab kondisi urine saat pagi masih pekat ketimbang waktu lain, sehingga  tespek dapat memberikan hasil yang lebih akurat.

Baca juga: OPPO A96 Hadir dengan Sederet Kelebihan, Ini Spesifikasi Lengkap dan Harganya

Cara Menggunakannya.

Berikut ini kami rangkum beberapa cara menggunkan tespek yang benar:

  1. Siapkan tespek dan wadah untuk menampung air kencing.
  2. Setelah kamu menampung urine di wadah yang sudah disiapkan, celupkan tespek ke wadah.
  3. Celupkan hingga sedikit di bawah garis batas MAX.
  4. Kemudian tunggu sekitar 5 detik lebih, dan angkat tespeknya.
  5. Setelah diangkat, tunggu 10 menit hingga warna garis tidak berubah lagi.
  6. Bila yang muncul adalah garis dua garis merah, itu pertanda kamu positif hami, jika yang muncul hanya satu garis atau tidak ada garis sama sekali, itu tanda tidak ada kehamilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *