Cara Menghapus History dan Cache pada TikTok, Ini Manfaatnya

Aplikasi TikTok (Foto: net)
Aplikasi TikTok (Foto: net)

NOTULA.Net – Saat ini aplikasi TikTok menjadi salah satu media paling populer di dunia. Bahkan di Indonesia pengguna Tiktok sudah mencapai 87,5 juta orang.

Selain menikmati hiburan, sebagian orang juga mencari berbagai macam informasi melalui video yang muncul di berandanya. Hal itu dalam TikTok banyak mengenalnya dengan istilah For You Page (FYP).

Terkadang orang setelah melihat banyak video di Tiktok, dia lupa menyimpan video yang menarik, dan kamu tidak perlu khawatir, sebab di TikTok kamu bisa melihat video yang pernah kamu buka selama 7 hari yang lalu.

Caranya, kamu cukup membuka Profile yang berada di pojok kanan bawah, kemudian pilih ikon tiga garis yang ada di kanan atas, lalu kamu bisa memilih Setting and Privacy.

Nah, di sana kamu bisa melihat riwayat video-video yang sudah pernah kamu buka selama 7 hari terakhir.

Baca: Ini 7 HP Gaming Paling Direkomendasikan untuk Para Gamer

Selain bisa melihat video yang sudah pernah kamu tonton sebelumnya, di sana kamu juga dapat menghapus riwayat video tersebut. Caranya mudah, kamu tinggal klik Clear History.

Selain History, kamu juga diperkenankan untuk menghapus cache. Perlu kamu ketahui, cache adalah data yang tersimpan dalam sebuah aplikasi yang fungsinya supaya kamu tidak perlu lalu mendownload data dari situsnya.

Menghapus cache dapat mempercepat loading pada TikTok, sebab jika cache sudah terlalu banyak akan memperlambat jalan aplikasinya.

Baca: Cara Menggunakan Tespek yang Benar Agar Hasilnya Akurat

Keuntungan lain menghapus cache adalah dapat memperbesar ruang penyimpanan smartphone kamu yang mungkin saja memorinya sudah hampir penuh.

Nah, untuk caranya, kamu bisa membuka halaman profile, lalu pilih Setting. Pada menu setting ini kamu harus menscroll atau gulirkan ke bawah sampai menemukan opsi Free up space di bawah Cache dan Cellular Data.

Selanjutnya kamu pilih Clear yang ada berada di kanan kolom Cache. Jika muncul peringatan kamu pilih clear untuk menghapus cache.

Meski dapat mempercepat kinerja aplikasi TikTok, menghapus cache juga memiliki kerurangan, yaitu kamu harus melakukan login Kembali saat membuka aplikasi.

Itulah cara yang bisa kamu lalukan untuk melihat riwayat video TikTok dan cara menghapus cache, agar jalannya aplikasi TikTok tetap normal tanpa ada kendala apapun.