Cara Menyimpan Bumbu Dapur Agar Awet dan Tahan Lama

Cara Menyimpan Bumbu Dapur Agar Awet dan Tahan Lama
Cara Menyimpan Bumbu Dapur Agar Awet dan Tahan Lama (Foto: net)

NOTULA.Net – Enak atau tidaknya suatu masakan sangat bergantung pada bumbunya, jika pengolahan bumbunya tepat, masakan pasti menjadi enak. Begitu pula sebaliknya, masakan yang pengolahan bumbunya salah, sudah pasti menjadi tidak enak.

Bagi ibu-ibu, atau orang yang memiliki hobi memasak, menyimpan bumbu dapur di tempat yang tepat sangatlah penting. Menyimpan bumbu dapur pada tempat yang salah akan membuatnya tidak awet dan mudah rusak.

Namun tidak perlu khawatir, berikut ini notula.net akan menyajikan beberapa trik menyimpan bumbu dapur yang bisa kamu coba agar tetap awet dan tidak mudah rusak.

Baca Juga: Ini Bahaya Makan Sambil Berdiri, Hati-hati

Simpan Bumbu Dapur di Tempat Kering

Mungkin sebagian ibu-ibu lebih memilih menyimpan stok makanan dan bumbu dapur di dalam kulkas. Namun ternyata tidak semua bumbu dapur bisa berada di kulkas dalam waktu yang lama.

Menyimpan bumbu dapur apalagi dalam jumlah yang banyak, sebaiknya di tempat yang kering dan terbuka. Sebab sebagian besar bumbu dapur sangat sensistif dengan kondisi lembab apalagi basah.

Baca juga: Hati-hati Berat Badan Berlebihan, 10 Kanker Ini Mengintai

Untuk itu, menggunakan wadah terbuka dan kering sebagai tempat bumbu dapur adalah pilihan paling tepat, agar sirkulasi udaranya juga lancer, sehingga membuat bumbu dapur menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak.

Jauhkan dari Sinar Matahari Langsung

Banyak bumbu dapur yang sensitif, salah satunya sensitif terhadap paparan langsung sinar matahari. Bumbu dapur yang diletakkan di bawah terik matahari dapat membuatnya cepat rusak, kering, berubah warna, dan bahkan menimbulkan bau busuk.

Nah, agar bumbu dapur menjadi awet dan tidak gampang rusak, kamu perlu menyimpannya di tempat yang tidak terpapar langsung dengan matarahari.

Jangan Satukan Bawang Merah dan Bawang Putih

Masih menyimpan bawang merah dengan bawah putih dalam satu tempat??. Mulai sekarang baiknya hal itu perlu kamu hindari, karena bawang putih dan bawang merah memiliki yang berbeda. Sehingga menyatukan keduanya akan membuat cepat busuk.

Baca juga: Ini Asal-Usul Permainan Lato-lato yang Sedang Viral

Jika kamu ingin kedua jenis bumbu dapur itu menjadi lebih awet dan tahan lama. Maka pisahkan keduanya di wadah yang berbeda, sehingga tidak saling mempengaruhi antara keduanya.

Jauhkan Bumbu Dapur dari Kompor

Menyimpan bumbu dapur di dekat kompor akan sama dengan meletakkannya di bawah sinar matahari. Bumbu dapur yang berada dekat kompor akan menjadi panas dan membuatnya cepat kering, berubah warna, dan bau busuk.

Agar lebih aman, kamu harus menjauhkannya dari kompor, dan tempat-tempat lain yang memiliki hawa panas. Kamu bisa mencoba menyimpannya di sisi ruangan dapur, sebab bisanya tempat tersebut lebih sejuk.

Simpan Bumbu Halus di Tempat Tertutup

Sebagian orang senang menyimpan bumbu halus, atau bumbu yang sudah menjadi bubuk, karena lebih memudahkan saat memasak. Namun kamu perlu perhatikan tempat menyimpannya, karena jika salah juga membuat cepat rusak.

Untuk bumbu halus sebaiknya simpan di dalam wadah khusus yang tertutup rapat. Kamu bisa menggunakan toples yang kedap udara. Sebab udara bisa membuat bumbu dapur mudah  lembab, apalagi saat musim huja, udara pasti akan lebih lembab.

Nah itulah, trik yang bisa kamu coba agar bumbu dapur lebit awet, dan bisa kamu gunakan dalam waktu yang lama, tentu itu juga bisa menghemat pengeluaran.