Gempa Cianjur, Bupati: Rumah-rumah Hancur, Warga Histeris

Gempa Cianjur
Reruntuhan bangunan akibat gempa Cianjur (Foto: Net)

NOTULA.Net – Gempa bumi mengguncang wilayah Cianjur, Jawa Barat, pada Senin, (21/11/2022) siang.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa magnitudo 5,6 mengguncang Cianjur pada pukul 13.21 WIB.

Pusat gempa tersebut berlokasi 10 km barat daya Kabupaten Cianjur, tepatnya pada titik 6,84 LS dan 107,05 BT.

Berdasarkan keterangan dari warganet, gempa bumi dirasakan cukup besar di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Sukabumi, Cimahi, Bekasi, dan Karawang.

Baca Juga: Gempa 5,6 Magnitudo Guncang Cianjur Jawa Barat

Getaran gempa membuat sejumlah gedung perkantoran berguncang. Sejumlah karyawan di salah satu gedung perkantoran Jakarta pun panik.  Karyawan pun dievakuasi keluar gedung.

“Gempa-gempa,” teriak beberapa kayawati.

“Di Jagakarsa gempa terasa sekitar semenit, berasa banget goyang,” kata Stefanus, salah satu warga Jagakarsa.

Baca juga: Truk Angkut 30 Ton Pupuk Subsidi Terguling di Aceh

Guncangan pun terasa kuat di jantung ibu kota. “Jakarta thamrin gempa kencang banget ya Allah,” kata Astri, seorang karyawan swasta.

Sementara itu, Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan rumah-rumah warga hingga gedung Sekretaris Daerah (Sekda) hancur imbas gempa tersebut.

“Warga histeris, rumah-rumah hancur, pendopo plafonnya berjatuhan, gedung Sekda hancur dan listrik padam. Perabotan rumah tangga warga hancur,” kata Herman.

Tak hanya itu, Herman juga mengatakan gempa dengan getaran yang kuat itu menimbulkan bencana longsor yang membuat jalur Cipanas dan Cianjur terputus.

“Ada longsor, ada mobil tertimpa longsor. Jalur Cipanas dan Cianjur terputus karena longsor,” tambah Herman.

Herman juga mengatakan wilayah yang paling terdampak adalah Kecamatan Cugenang. Sementara wilayah Cianjur Selatan menurut laporan warga masih aman.

“Cugenang dari Kota Cianjur kurang lebih 5 kilometer,” kata Herman.

Herman kemudian mengatakan listrik di wilayah Cianjur juga padam imbas gempa bumi yang terasa hingga Jakarta, Bandung, Bekasi, Tangerang, dan Bogor itu.