Ini Asal-Usul Permainan Lato-lato yang Sedang Viral

Lato-lato
permainan lato-lato (Foto: tugumalang)

NOTULA.Net – Sejak beberapa pekan terakhir ini permainan lato-lato mendadak viral. Bukan saja dimainkan oleh anak-anak namun juga banyak orang dewasa ikut bermain.

Tak tercuali dari kalangan pejabat seperti Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) juga ikut ambil keseruan bermain lato-lato.

Lato-lato adalah permainan yang terbuat dari dua buah bola kecil, yang satu sama lain terikat dengan seutas tali.

Baca: Cara Menggunakan Tespek yang Benar Agar Hasilnya Akurat

Memainkan lata-lato dengan cara membenturkan kedua bola sampai membentuk ritme. Sedangkan pemenangnya adalah siapa yang bertahan paling lama.

Benturan dua bola kecil itu juga akan menghasilkan bunyi yang khas, sehingga membuat orang semakin suka memainkannya.

Lalu, dari mana lato-lato berasal ??

Dari sejumlah sumber yang berhasil di himpun Notula.Net, 2 Januari 2023 menyebutkan, permainan lato-lato bukan berasal dari Indonesia

Baca: Hati-hati Berat Badan Berlebihan, 10 Kanker Ini Mengintai

Permainan yang sedang viral ini ternyata berasal dari negeri Paman Sam, atau Amerika Serikat, muncul sekitar tahun 1960-an, di sana permainan itu bernama clankers.

Awalnya, bola lato-lato terbuat dari kaca, sehingga memiliki resiko melukai pemainnya, dan bahkan saat itu banyak yang terluka, sehingga lato-lato boleh jadi mainan lagi pada tahun 1970-an.

Baca: Cara Mudah dan Ampuh Menjernihkan Foto Blur dan Buram Tanpa Aplikasi

Kemudian, bola lato-lato tersebut juga sempat di ganti dengan bahan plastik agar lebih aman, namun masih tetap membahayakan walau tidak sebesar resiko bahan kaca.

Sedangkan di Indonesia, permainan itu sudah dikenal sejak tahun 1990-an di sejumlah daerah, banyak anak-anak di perdesaan memaminkannya.

Ada yang menyebutkan kata lato-lato itu berasal dari bahasa tradisional Bugis. Di Jawa orang menyebutnya etek-etek, di  Makassar namanya sebagai katto-katto. Tiap-tiap daerah memiliki namanya sendiri.