Ini Bahaya Makan Sambil Berdiri, Hati-hati

Ilustrasi makan berdiri
Ilustrasi makan sambil berdiri (Foto: ist)

NOTULA.Net – Kesibukan yang padat terkadang mengharuskan seseorang menikmati makanan sambil berdiri. Padahal kebiasaan itu tidak baik bagi kesehatan.

Makan sambil berdiri bukanlah anjuran yang baik, sebab akan memberikan efek buruk pada tubuh.

Berdasarkan informasi yang dari berbagai sumber, ada sejumlah efek negatif yang terjadi pada tubuh jika makan sambil berdiri, yaitu:

 

  1. Mudah Lapar

Menurut penelitian para ahli menyebutkan, makan sambil berdiri dapat membuat pencernaan beberja lebih cepat 30 % dari biasanya. Hal itu akan membuat perut terasa lebih cepat lapar.

Baca: Ini Asal-Usul Permainan Lato-lato yang Sedang Viral

 

  1. Membuat kembung

Seperti yang penjelasan di atas, bahwa makan berdiri akan mempercepat proses pencernaan. Cepatnya proses pencernaan akan membahayakan lambung.

Waktu yang singkat untuk penyerapan nutrisi akan menghasilkan gas dalam perut yang berakibat kembung.

Kemudian jika karbohidrat tidak dicerna dengan baik, maka ajan berfermentasi di usus, sehingga akhirnya juga menghasilkan gas dan menyebabkan kembung.

Baca: Berciuman Ternyata Punya Manfaat yang Sama dengan Menyikat Gigi

 

  1. Dapat Mempengaruhi Pencernaan

Menurut ahli, makan sambil berdiri membuat perut cepat kosong, karena manakan akan bergerak lebih cepat ke arah usus, padahal makanan tersebut belum tercerna atau tergiling dengan baik.

 

  1. Makan Jadi Berlebihan

Efek dari perut kosong dan mudah lapar adalah makan yang berlebihan, dan parah ahli juga sepakat bahwa makan berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan.