Ini Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Perut Buncit

Ilustrasi perut buncit (Foto: net)

NOTULA.net – Perut buncit disebabkan oleh adanya penumpukan lemak. Kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit-penyakit kronis dalam tubuh.

Dalam istilah medis, perut buncit sering disebut obesitas abdominal, yaitu kondisi seseorang memilki atau menyimpan lemak yang berlebihan di dalam tubuh, terutama di sekitar perut.

Perut buncit atau obesitas abdominal ini beresiko meningkatkan beberapa penyakit, seperti hipertensi, penyakit jantung dan diabetes tipe-2.

Nah, ternyata kebiasaan sehari-hari yang dilakukan bisa menjadi penyebab perut buncit, dan itu berlangsung tanpa kita sadari.

Berikut ini beberpa penyebab perut buncit yang sering tidak disadari:

 

  1. Banyak tidur.

Tidur dengan durasi berlebihan bisa meningkatkan berat badan. Dalam sebuah penelitian ditemukan, orang yang tidur lebih dari delapan jam sehari, memiliki jumlah lemak di perut yang lebih banyak, keadaan itu akan meningkatkan risiko munculnya penyakit kronis.

 

  1. Merokok

Kebiasaan merokok akan memberikan dampak tidak baik bagi kesehatan, dalam jangka panjang bisa membentuk lemak di perut. Studi menunjukan bahwa seorang perokok memiliki lebih banyak lemak visceral dibandingkan orang tidak merokok, lemak ini tersembunyi di dalam tubuh.

 

  1. Kurang Minum

Air berperan penting dalam tubuh manusia, seseorang membutuhkan asupan air yang cukup agar dapat mempercepat lipolisis. Lipolisis adalah proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

Nah, jika tubuh manusia kekurangan air, maka proses pembakaran lemak akan terganggu. Dehidrasi membuat tubuh tidak maksimal bekerja dan berujung pada penumpukan lemak.

  1. Terlalu Cepat Mengunyah Makanan

Ternyata makan terlalu cepat juga menjadi salah satu penyebab perut buncit. Mengunyah makanan dengan cepat membuat makanan kurang halus, sehingga berakibat pada penambahan berat badan. Lambung harus bekerja keras untuk menggiling makanan.

 

  1. Makanan Sambil Nonton TV

Makan sambil nonton melihat televisi memang sangat menyenangkan. Namun kebiasaan itu mempunyi efek kurang baik, membuat kita tidak fokus pada makanan.

Ketika tidak fokus, kita cendrung makan dengan porsi yang lebih banyak, dan itulah yang membuat perut menjadi buncit.

  1. Makan Larut Malam

Makan saat malam hari menjelang tidur dapat mengganggu proses metabolisme dalam tubuh, apalagi makan dalam jumlah banyak, hal ini dapat membuat perut menjadi buncit.

Seharusnya tidur itu akan membakar kalori, namun jika makan pada malam hari malah akan menimbun lemak dalam tubuh. Untuk itu jika Anda ingin makan malam hari, lakukan 2-3 jam sebelum waktu tidur.

 

  1. Mudah Bosan

Dalam sebuah penelitian disebutkan, rasa bosan dapat mengalihkan seseorang pada makanan, akibatnya asupan yang masuk ke dalam tubuh bisa tidak terkontrol. Itulah yang membuat perut menjadi buncit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *