Berita  

Kabar Terbaru Pencairan Gaji ke-13, Catat Waktunya

Ilustrasi Pencairan gaji ke-13

NOTULA.Net – Pencairan uang THR PNS dan pesiunan telah selesai dilaksanakan sejak 10 hari sebelum hari raya Idul Fitri 2022. Lalu pertanyaannya kapan gaji ke-13 diberikan.

Sebelumnya pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah mengatakan jika gaji ke-13 akan diberikan paling telat pada bulan Juli tahun ini.

“Gaji ke-13 akan dibayarkan pada bulan Juli akan datang,” ungkap Sri Mulyani dalam keterangan persnya terkait THR dan gaji ke-13 beberapa waktu lalu.

Tidak hanya itu, jadwal pencairan gaji ke-13 dipertegas dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2022.

Dalam pasal 12 ayat 1 beleid peraturan tersebut dikatakan bahwa gaji ke-13 akan dibayar pada bulan Juli. Namun tidak menutup kemungkinan akan diberikan setelah bulan Juli karena sebab-sebab tertentu.

Untuk besaran gaji ke-13 berpatokan kepada komponen penghasilan yang dibayarkan pada bulan Juni Tahun 2022.

Jumlah tersebut terdiri dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, tunjangan pangan, dan ditambah 50% tunjangan. Hal itu berdasarkan pangkat, peringkat jabatan, dan kinerja sesuai jabatan.

Pemberian THR dan gaji ke-13 untuk mempertahankan daya beli masyarakat melalui aktivitas belanja para abdi negera, penerima penisunan, dan penerima tunjangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *