Kemendikbud Buka Hampir Sejuta Formasi Guru PPPK, Siapkan Dirimu

Ilustrasi ASN

Pada tahun 2022 ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali membuka formasi guru jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Adapun jumlah formasi yang akan dibuka sebanyak 758.018. Namun, dari jumlah tersebut baru sekitar 131.239 atau 17,3 persen yang telah diusulkan oleh pemerintah daerah.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek, Iwan Syahril mengungkapkan, pihaknya bersama Panselnas, Kemendagri dan juga Kemenkeu akan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah.

Kata Iwan saat ini panitia nasional tengah menyusun draf mekanisme rekrutmen guru PPPK tahun 2022.

“Sekarang masih menunggu terbitnya aturan baru seleksi PPPK, nanti akan kita sosialisasikan dan koordinasikan dengan pemerintah daerah secepatnya, agar masalah yang terjadi tahun 2021 tidak terulang lagi sekarang,” ujar Iwan dalam Rapat Panja Komisi X DPR RI, Senin 11 April 2022.

Nanti lanjutnya, formasi tahap tiga 2021 akan digabungkan dengan formasi tahun 2022. Sehingga jumlah formasi yang dibukan tahun 2022 sebanyak 970.410.

“Formasi ketiga tahun 2021 lalu tidak hilang, nanti akan digabungkan dengan formasi 2022,” terang Iwan.

Penyempurnaan itu lanjutnya, agar guru yang telah lulus nilai ambang batas bisa mendapatkan formasi tanpa seleksi ulang.

“Maka besar kemungkinan guru-guru yang lulus passing grade akan mendapatkan formasi,” tambah Iwan.

Selain itu pihaknya juga akan mencegah pergeseran antar guru di sekolah induk.

“Kita berharap rekrutmen tahun 2022 ini dapat mempercepat penuntasan pemenuhan satu juta guru ASN di Indonesia,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *