Daerah  

Muncul Pulau Baru Pasca Gempa Maluku

Pulau Baru yang muncul pasca gempa Maluku (Foto: ist)
Pulau Baru yang muncul pasca gempa Maluku (Foto: ist)

NOTULA.Net – Sebuah pulau baru muncul di Desa Teinaman, Kecamatan Kabupaten Tanimbar Utara pasca gempa 7,5 magnitudo mengguncang Maluku.

Video kemunculan pulau itu viral di media sosial. Dalam video itu terlihat gundukan hitam seperti sebuah pulau, letaknya tidak jauh dari bibir pantai Desa Teinaman.

Kemunculan pulau dianggap aneh oleh warga setempat, sehingga membuat sebagian mereka memilih untuk mengungsi karena merasa takut.

Menanggapai fenomena itu, Peneliti dari Pusat Riset Geoteknologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Eko Yulianto menuturkan, pulau baru muncul akibat siklus gempa.

Baca: Kini Bumi Berputar Lebih Cepat, Apakah Bahaya ?

“Dalam istilah geologi di sebut patahan, proses pengangkatan penurunan daratan terjadi karena siklus gempa,” kata Eko, Rabu 11 Januari 2023.

Menurutnya, penurunan dan pengankatan daratan karena dua fase, yaitu inter seismic, adalah  fase awal gempa, kemudian coseismic yaitu fase saat gempa terjadi.

“Hal yang sama juga pernah terjadi saat gempa tsunami Aceh tahun 2004 lalu, saat itu juga muncul pulau dengan ketinggian tiga meter,” ucapnya.

Baca: Deretan HP Samsung yang Rilis Tahun 2023

Dia menambahkan, pulau baru yang terbentuk itu berada di laut dangkal. Sehingga saat gempa menghentak, dasar laut dangkal itu menyembul ke permukaan yang membentuk pulau.

“Kemungkinan masyarakat sudah mengamati apakah laut dangkal relatif dekat dengan permukaan air. Sehingga dengan sekali hentakan kejadian gempa, maka kemudian seolah-oleh muncul menjadi pulau baru,” katanya.